Pengen Jadi Guru Karena Zenius

Halooooo guys!! For the first time nulis blog dan agak aneh rasanya buat cerita di blog karna biasanya cuma cerita ke temen lewat LINE wkwk. oke-oke kenalan dulu ya.. karena katanya kalo ga kenal harus kenalan! Muehehe. kenalin nama gue Mathias Bagas K, dan gue sekarang sedang melanjutkan pendidikan di salah satu universitas di Jakarta. Kali ini gue pengen bahas soal pengalaman gue dan mungkin pandangan-pandangan gue yang mulai kebentuk karna adanya Zenius. oke langsung aja capcus!


Selama ini gue gapernah yang namanya suka dengan belajar!
Ada apa sih dengan "belajar"? kok dia ga di sukain kan kasian :( tapi disini bener loh gue sejak SD gapernah suka yang namanya belajar, dan gue merasa kalo gue belajar cuma karena gue disuruh nyokap buat belajar! gue aja gasuka belajar dan disuruh belajar ya makin males haha. setiap waktu belajar datang gue bersikap seolah-olah belajar, pegang buku trus dibaca sambil duduk di kasur, tapi yang gue baca bukan buku pelajarannya malahan gue baca komik yang gue selipin di buku belajar wkwk. sampe se-parah itu gue pas SD. tapi yang aneh adalah, kenapa nilai gue selama SD bisa dibilang lumayan ya? gue gapernah mikir soal itu dan yang gue pikirin gue hoki waktu itu.

Abis SD lulus dengan NEM yang cukup memuaskan gue lanjut ke SMP. Di SMP ini gue bertemu dengan banyak banget orang-orang yang bisa gua bilang "pinter". Bahkan di SMP gue ini terdapat dua kelas unggulan yang isinya bener-bener orang pinter! Wah gue saat itu merasa punya saingan sepadan nih buat diajak gelud haha. Oiya lupa cerita, dari SD gue emang gasuka belajar, tapi gue bakal semangat bener buat belajar kalo punya lawan yang pinter. mindset yang ada di otak gua adalah gue cuma bisa jadi orang pinter kalo punya lawan cuy. kalo gapunya lawan ya melempem gue wkwkwk. Nah dari SMP inilah gue bener-bener belajar karena gua pengen banget sekelas sama orang-orang yang bisa gue bilang pinter itu. Bahkan gue sampe bilang "gue gaakan kalah sama lo semua! gue bakal tunjukin kalo gue bisa!" di depan mereka semua. Entah itu suatu seruan semangat apa bukan. Tapi setelah bilang itu gue seakan bisa belajar dengan serius sampe akhirnya di kelas 9 gue BISA SEKELAS SAMA MEREKA CUY! Mantappu Jiwa!

Next lanjut di SMA. Setelah masuk ke kelas 10, gue merasa biasa aja karena yang gua tau SMA gua itu bukan SMA yang isinya orang pinter semua. Jadi bisa dibilang semangat belajar gua di SMA itu turun drastis. Apalagi pas ketemu pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi. Bener-bener Unpredictable! Selama gua SMA, ulangannya udah di upgrade jadi berbasis online. Jadi kayak ada web penyedia jasa pembuatan soal gitu terus di pake sama sekolah gue buat jadi web ulangan gitu. Karena itu adalah ulangan berbasis web yang notabene bisa SEARCHING 
kira-kira begitulah bentuk web yang dipake sama sekolah gue. dan seinget gue itu di Screenshoot ketika lagi remedial. Yes gue sampe remedial di SMA karena gue emang se kaget itu sama pelajaran-pelajaran aneh itu. Selama gua di SMA sampai kira-kira kelas 11 akhir gue bener-bener gapunya nilai yang bagus buat di catet di rapot, dan gue sadar nilai gue saat itu cuma nilai "bantuan" dari para guru yang ada di sekolah gue. Nyesel? banget parah. Kenapa gue gabisa belajar padahal punya bahan berupa buku? Jawabannya satu yaitu MALES! Beneran gue MALES BANGET buat belajar. Karena apa? SUSAH CUY. Dipikiran gue saat itu cuma ada satu kata "SUSAH" dan itu yang bener-bener ngehambat akademik gue saat SMA.


Pertama kali kenalan sama pacar baru
Hmm... Judulnya agak aneh sepertinya. Tapi yaudahlah gapapa wkwkwk. Jadi disini pacar yang gue maksud adalah ZENIUS. Wow keren banget sampe masih gue bold. oke stop boldnya. Pertama gue kenalan sama si cantik Zenius ini adalah saat temen gue ikutan OSN kimia. Yang gua kaget adalah dia berawal dari anak yang bisa dibilang agak rebel dan kerjaannya ya cabut kelas ke kantin, cabut dari kelas ke tongkrongan. Badannya mantep cuy! mantan atlet Wushu katanya. oke lanjut kenapa malah ceritain temen gue? Jadi temen gue ini berhasil lolos sampe ke OSN tingkat Provinsi dan ga lolos ke nasional. keren dong! terus gue nanya ke dia kan, "Eh lu bisa ngerjain gitu dah belajar dari mana" dia jawab "gue cuma belajar dari Zenius cuy". Pas disitu gue keinget sesuatu. Suatu saat pernah ada iklan Zenius lewat di Timeline Facebook gue, dan pas waktu itu juga gue nanya-nanya ke dia soal Zenius sampe akhirnya gue buka webnya!

nah ini gengs bentukan webnya sekarang

Langsung deh waktu itu gue meluncur mencari harga berlangganan di Zenius dan ketemu. Setelah gue pertimbangin harganya bener-bener murah loh buat bimbel online sekelasnya. Pas dirumah gue ngecek tabungan, dan..... Yes bener gue bokek! wkwkwk. Gapunya duit seriusan buat daftar langganan Zenius. Setelah itu gue bertekad buat nabung setidaknya sampe "setengah" harga langganan biar bisa langganan Zenius selama setahun! Kenapa setahun? Karena menurut gue, kalo gue ga ngambil langkah sekarang buat belajar SBMPTN waktu itu gue ga bisa lulus di SBMPTN. Memang gua awalnya gatau soal SBM tuh kaya gimana dan waktu itu gua memutuskan buat nyari-nyari artikel soal SBM di Zenius dan ternyata banyak banget! contohnya tuh kaya gini
dan masih banyak lagi artikel-artikel keren di Zenius soal SBMPTN. Dari situ gua bertekad buat serius belajar pake Zenius ini buat ngulang semua pelajaran yang bener-bener gua gangerti selama SMA.

First time make Zenius
Pertama kali gue pake zenius cuma ada satu kata, yaitu "mindblowing". Gue bener-bener kaget ketika gua pertama kali pake zen buat belajar biologi kelas 11 dimana saat itu gue pengen belajar buat UAS. Gue bener-bener belajar sesuai apa yang otak gue pengen. For the first time gua tau kalo gue ternyata belajar bukan dengan cara menghafal kayak yang biasanya gua lakuin, dan pantes aja selama SMA gua gabisa belajar apa-apa dan ngerjain soal yang aneh-aneh ya karna gua masih terjebak di pikiran gua kalo belajar harus "ngapalin".

So, di Zenius gua ketemu hal yang baru dan lebih keren, yaitu KONSEP. Kok bisa keren sih? karena gua tipe pembelajar yang kalo belajar harus ngebayangin di otak, alias pake imajinasi. Konsep bisa ngebantu otak gue buat nyelarasin bayangan yang ada di otak gue dengan materi yang dipelajari. Jadi, makin-makin dah gue belajar dengan sangat semangat saat ternyata metodenya Zenius sama otak gue bener-bener KLOP. Saat ujian pun tiba, gue bisa ngerjain dengan baik dan lancar cuy! For the first time gue bisa ngerjain soal biologi semudah itu! Dari situ juga gua mulai cinta sama Biologi yang ternyata setelah gua pikirin ga susah! Selama ini biologi ternyata cuma butuh konsep untuk dipahami. 

Karena pengalaman itulah gua bertekad buat mulai serius belajar SBMPTN saat liburan kelas 12. Disaat itu gua mulai dengan langsung belajar materi. Awalnya emang berat banget sumpah belajarnya kayak ngantuk-ngantuk gitu tapi akhirnya udah kebiasaan dan mulai bisa nemuin ritmik belajar yang pas yaitu belajar sambil nyatet! wkwkwk. Walaupun gue cowo, gue gamau kalah dong catetannya sama cewek!

kira-kira ginilah catetan gue dari kelas 12 sampe saat ini

Semenjak saat itu gue selalu abis nonton video, gue catet pake bahasa gue sendiri, dan ternyata efeknya gede banget! gue bisa inget segalanya yang gue catet dan apa yang gue tonton di otak sampe sekarang! Bener-bener ngubah segalanya sih ini zenius. Bersyukur banget gue dulu bisa ketemu sama lo zen parah. Kalo gaada lo mungkin gue sekarang gatau mau diapain otaknya hahahaha

Pas Belajar SBMPTN
Nah ini nih, keseruan dimulai dari sini. Dari semenjak gua bertekad buat belajar SBM, gue berusaha buat nyiapin segalanya. yang bener-bener gue bikin pertama kali adalah jadwal belajar gue. gue pernah liat post di Instagram Zenius dan bener-bener gokil. Doi bikin jadwal belajarnya pake countdown dong! gue gamau kalah, gue juga harus bisa bikin. Kebetulan di rumah gue ada papan tulis nganggur, angkut dah ke kamar, digantung trus ditulisin deh. 
Nih gini nih

Pada saat itu gue bener-bener semangat banget buat ngejar segalanya. Dari yang ketinggalan sampe yang belom gua pelajarin. Bener-bener gua targetin segalanya buat dipelajarin. TERUSSSSSSSSS TERNYATA NYOKAP TAU GENGS. Doi ternyata gasuka gue cuma belajar di kamar doangan. Dia pengen banget nyuruh gua les biar bisa belajar sama yang lain dan dapet saingan. okelah gua les juga di kelas 12 itu di salah satu tempat les di jakarta dan sekitarnya. Jadilah gue belajar dengan Zenius dan di tempat les itu. Impactnya bener-bener double. serasa makan ind*m*e terus mienya ada dua. Mantap betul! Mantul!

Ternyata di tempat les gue ketemu sama anak-anak dari MHT dong, wah gua gabisa komen lagi dah itu otak kebuat dari apaan. Emang beneran pinter gengs anak MHT itu, ku aja hampir menyerah buat ngelawan mereka. Selama TO selalu berada di tingkat atas terus gapernah turun. Parah pinternya! Sedangkan gue? Oh gue tidak bisa nyerah gitu aja ferguso hahahaha. Gue akhirnya punya strategi buat belajar bareng mereka juga selain saingan di kelas. Jadi sekarang gua belajarnya TRIPLE KILL. Bener-bener gila dah kelas 12 buat belajar. Segalanya dikejar dan dikebut secepat-cepatnya biar bisa ngejar banyak soal di akhir. Dari proses itu semua gua akhirnya cuma bisa nyaman sama zenius. Walaupun gue buka Zenius cuma malem-malem abis pulang les sampe jam 12 atau jam 1 malem buat belajar tapi berasa masuk banget segala yang gue pelajarin dari zen. Makasih lagi buat Zen karena bisa bikin otak gue bersaing dengan mereka yang dari MHT walaupun gue masih kalah di TO

Akhirnya setelah setahun belajar Zen SBM pun dimulai, gue bener-bener cuma bisa berharap apa yang gue pelajarin selama setahun pun bisa berguna di SBM ini. Gue cuma bisa pasrah dah sama hasilnya wkwkwk. SBM kelar, lanjut SIMAK UI. Jarak ujiannya waktu itu ga jauh seinget gue. Maklum udah pensiun hampir setahun dari SMA jadi lupa inget lupa wkwkwk. Abis itu kan libur panjaaaanggggg banget dah nungguin pengumuman SBM aja sebulan dong! Lama amat dah perasaan dulu nungguinnya. Pas nungguin pengumuman itu gue sempet-sempetin buat belajar UTUL dari soal-soal yang ada di web zenius sampe tahun 2013 terakhir yang gua kerjain. Gabut banget ya libur aja masih belajar wkwkwkwk. Liat temen-temen gue pada liburan, seneng-seneng, gue ngedokem dirumah belajar UTUL dengan harapan bisa bikin gue masuk UGM waktu itu.

Pengumuman datang. Gue ternyata diterima SBM di .................

Gue awalnya ga nyangka bisa keterima SBM disini, karena ini pilihan terakhir gue. tapi yaudahlah ya namanya juga jalan Tuhan gaada yang tau wkwkwk. Abis itu gue masih nungguin pengumuman SIMAK dan UTUL yang belom keluar nih. Masih ada harapan buat bikin gue lulus di antara kedua ujian itu. Waktu keluar ternyataaaaaaaaaa....... gue gagal gengs masuk UI dan UGM hahahaha.. Gapapa-gapapa yang penting gue saat itu gue udah diterima di satu kampus wkwkwk.

Kok dari tadi ceritanya ga ngarah ke guru?
Sabar dong.. Ini baru mau mulai wkwkwk. Oke sesi ini dimulai dengan pertanyaan. Kenapa harus Pendidikan Biologi? Hmm.. Gue pilih jurusan ini ya karena gue beneran se-suka itu sama biologi dan turunan-turunannya. Terlebih lagi gue dari SMP sering kena paparan tentang biologi manusia terlebih lagi otak manusia. Kenapa sih gue suka banget sama otak? Gue mikir selama ini otak ngelakuin hal yang unik, dia bisa belajar, dia bisa mengingat, dia bisa ngatur, dia bisa membuat, dan lain-lain. Nah dari Zenius gue makin tercerahkan pandangannya soal otak manusia itu sendiri. "Loh kan di Zenius ga ngajarin tentang otak secara mendalam kok lu bisa tercerahkan?" Gue selama di Zenius ketemu section yang namanya Zenius Learning. Nah di Zenius Learning tuh isinya apa sih? BANYAK!! Ini isinya kebanyakan ceramahnya bang sabda yang bener-bener mantul bisa se-suka itu dalam belajar sampe pengetahuannya dalem banget cuy! Gue sangat kagum ama doi pas jelasin itu. Satu video di Zenius learning bilang gini "ketika otak lu di program biar bisa ngejalanin program dengan bener, otak lo bakal berfungsi dengan bener" dari situ gue merasa zenius telah bikin otak gua diprogram ulang dan sampe akhirnya bisa berfungsi dengan semestinya. Setelah belajar pake Zenius, otak gue bener-bener bisa belajar membuat konsep sendiri dan tentunya bantu banget gue dalam belajar.


Dari sini gue bisa nyimpulin gue udah bener-bener cinta sama yang namanya belajar, karena gua percaya konsep belajar itu bukan cuma ketika lu buka buku terus pelajarin isinya. Pasti ada hal yang lebih gokil dari cuma baca itu sendiri. Terlebih ketika lu mulai mencoba buat berimajinasi dengan materinya.. wah bakal gokil banget dah. Gue bisa bilang gokil karena memang imajinasi kita ga terbatas. Kata bang sabda di salah satu video BukaTalks judulnya "Cara Belajar Paling Efektif" , otak manusia punya kemampuan buat connecting the dot artinya menghubungkan satu perkara dengan yang lain. Ketika lu mulai berimajinasi, maka kemampuan connecting the dot itu bakal kepake dan mungkin aja lu bisa nemuin hal-hal baru yang belom pernah ditemuin. This is the power of learning! Ketika gue udah mulai kepo sama sesuatu, itu bakal gue cari sampe akar-akarnya sampe bener-bener gue puas sama materi yang lagi gue pelajarin. Lama? BANGET. Tapi seru! Gue sangat suka bereksplorasi sekarang karena Zenius udah bener-bener ngelekat muehehehe

Efeknya abis pake Zenius


Dari situ gue pengen banget bagiin apa yang gue dapet di Zenius ke orang lain terlebih lagi nanti buat murid-murid gue. Gue pengen banget pengetahuan yang gua punya bisa tersalurkan ke murid-murid gue dengan konsep yang bener bukan cuma sekedar omong kosong di depan kelas. Karena Zenius gue bisa ngerjain hal yang menurut gue gamungkin. Beberapa diantaranya itu adalah MTK dan Fisika. Gue gangerti lagi gimana cara mereka bisa ngejelasin dengan begitu mudahnya sampe gue bener-bener ngerti! Dari situ gue pengen banget bikin murid gue ga mengkotak-kotakan pelajaran kalau misalnya A itu susah dan B mudah jadi dia lebih milih B. Gue berpikir setiap orang pasti punya majornya masing-masing. Tetapi ketika mereka mulai mengkotak-kotakan sesuatu, gue berpikir mereka akan lebih sulit menerima hal yang bukan mereka sukai dan bener-bener tertutup dari pandangan orang lain terhadap ilmu pengetahuan baru. Ketika mereka udah ketutup sama pandangan baru, mereka gabisa punya rasa penasaran yang tinggi terhadap banyak hal, sedangkan jaman sekarang terkadang membutuhkan banyak pengetahuan untuk menyelesaikan satu permasalahan. Ketika murid yang nantinya menjadi penerus bangsa tidak punya banyak pengetahuan untuk menyelesaikan masalah bagaimana nasib bangsa ini kedepannya? Memang sulit buat mencapai hal itu, tetapi kalo belum ada guru yang memulai, mau dimulai kapan lagi? muehehehe

Kalo misalnya ditanya "Lo capek ga sih berurusan sama sistem pendidikan Indonesia?" gue bakal jawab IYA. Gue berpikir kalo sistem kita masih stuck di "pembuatan" otak bukan "pengembangan" otak. Yang gue suka dari Zenius adalah dia bisa membawa otak gue berkembang jadi punya Growth mindset yang dimana jaman sekarang butuh banget punya itu. Kenapa butuh? Ketika otak lo berkembang dengan Growth mindset, lo pasti bakal terus punya kemampuan buat belajar hal baru yang belom pernah lo pelajarin karena di dalam otak lo udah terprogram kalo hal tersebut pasti seru dan lo bakal terjun buat nyobain itu semua. Oleh karena itu, gue punya mimpi saat jadi guru nanti bisa bikin murid gue punya kemampuan-kemampuan itu. Gue pengen mereka semua punya kemampuan berpikir layaknya orang pintar seperti yang bang Sabda bilang di BukaTalks.

MORE
Gue gapernah ngerasain ada hal yang bisa bikin gua bertransformasi sampai sejauh ini, salah satunya berkat Zenius. Karena Zenius udah bikin gue jadi punya banyak kemampuan yaitu karena gue bisa berpikir lebih terbuka akan segala hal jadi tidak menganggap bahwa segala hal itu sulit, melainkan segalanya seru untuk dipelajari. Kalo diliat secara awam memang konsep itu sulit buat dicari, tetapi ketika gue udah terbiasa dengan konsep, apa aja yang gue pelajarin harus gue cari "akar"nya dulu baru gue bisa ngerti banget sama apa yang gue pelajarin.

Kuliah memang ga mudah, buat belajar sendiri aja butuh banyak refrensi jurnal dan artikel di internet buat bikin gue ngerti. Belajar 1-2 jam udah ga cukup sekarang. Buat bener-bener ngerti butuh waktu yang lebih banyak. Tapi karena gue udah punya rasa penasaran yang tinggi karena ditanemin oleh Zenius, gue jadi bisa mengolahnya dengan baik dan ga merasa capek walaupun belajarnya kelamaan tapi abis itu pingsan hehehehe




Random Thoughts
Gue berpikiran bakal bawa Zenius ini ke areal skripsi gue nanti wkwkwk.. gatau tentang apa tapi gue sih pengennya apa yang gue minatin tentang human brain ini bakal berguna nantinya muehehehe. Kali aja gue sama Zenius bisa kerjasama :p wkwkwkwk #ngimpi


The End ~ Fin ~
Yakkkkk!! Kira-kira gitu sih dari gue, mungkin masih belepotan banget gara-gara pertama kali ngeblog wkwkwk.

Anyway, Terimakasih sama Zenius Education yang mampu bawa gue sampe bisa kayak sekarang ini. Terimakasih atas pengalaman menjajah SBMPTN yang bener-bener seru! Terimakasih juga atas perjalanan serunya selama belajar! #ZeniusFellows

#ZeniusForTheLoveOfLearning.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Field Report Pra-1 PKMPB Biologi 2019